Jumat, 18 Oktober 2013

[CERPEN] Persahabatan Itu Indah (1)

Hi,,, back lg ke cerpen :D dah lama ya nda post ttg cerpen :)


PERSAHABATAN ITU INDAH

“Apa?!” Seru Mama marah padaku. Yaa, Aku tadi hanya bilang aku tidak buat PR selama 5hari berturut-turut, dan aku kena hukuman tidak boleh mengumpul PR. Kalo mau ngumpul, mesti ada perwakilan dari orang tua untuk menemui Wali Kelas ku. Mama sangat terkejut mendengar itu. “Ya Ma, Aya janji deh, buat PR terus lagi.” Ujarku memohon pada Mama. “Yasudah, kalau ini Aya ulangin lagi, Mama stop-in kamu sekolah. Biar ntar kamu ngga usah sekolah.” Kata mama tegas kepadaku. Kalau mama udah marah gitu, aku mesti bener-bener gak ngulangin lagi. Untung aku bisa buat PR terus dan sampai ....
“Caya Ana, Kok kamu tidak buat pr lagi!? Ibu sudah bilang bahwa tiap hari mesti buat PR!” Ujar Bu Guru padaku. “Ma... maa...maa...maaf bubuuguruu,,” Kataku gelagapan menjawab Bu Guru. “Ibu sudah bilang! Kalau sudah sekali, tidak boleh diulangi! Siapa yang mengulangi tidak boleh mengikuti pelajaran Ibu! Jadi, mulai besok tidak usah mengikuti PELAJARAN SEKOLAH LAGI!” Tegas Bu Guru padaku. ‘Hadehh, Cuma ngga buat hari ini aja kok ! Aduh, gimana nih ngomongnya ntar ama Mama,’ Batinku.
Setibanya dirumah,
“Mah, mamah,,,” Panggilku. “Ya, Aya? Kenapa sayang?” Jawab Mamaku, “Kalau Aya cerita pengalaman hari ini bagaimana? Mamah marah ngga sama cerita Aya?” Tanyaku. “Ngga akan marah, kalau dicerita Aya ngga ada hal yang membuat mamah marah.” Senyum Mama padaku. ‘Daripada bohong, ntar dicatet ama malaikat dan dapet dosa deh, mending aku jujur aja deh,’ Batinku.
“Hei? Kok malah bingung? Haloo?? Aya?? Hei!” Mama melambaikan tangannya didepan mataku. “Hah? Oya Mah, Gini Mah, tadi, Aya ngga buat PR.. Gara-gara  belajar terus.” Ujarku jujur pada Mamah, “Aih, ngga papa lah,,, Yang penting ikut ujiannya.” Mama tersenyum padaku. “Hmm,, tapi... gak dibolehin ibu ikut ujian dan ... gak boleh ikut pelajaran dikelas lagi. Pelajaran apah aja.” Kataku sambil menunduk. Mama seakan mengerti. Karena, Mamah sendiri yang menyuruhku tidak membuat apapun selain BELAJAR semalaman. “Ya kalau gituh, pindah sekolah aja Aya-nya. Lagian Mamah jugakan yang nyuruh Aya belajar ngga buat apa-apa?” Senyum Mamah padaku. Hatiku merasa legah, “Yaaa ... Huh, bearti Aya harus berpisah dong sama Lana?” Aku cukup sedih membayangkan hal itu. “Hmm, Mamah minta maaf Aya, daripada kamu ngga ikut pelajaran?” Tanya Mamah. Yah, Mamah benar juga. Kalau aku tidak belajar... Gimana masa depanku nanti? Aku mulai berpikir, akhirnya kuputuskan untuk pindah sekolah. Mamah mulai mengurus perpindahan sekolahku itu. Sebelum aku pindah, aku dipersilahkan pamit dulu oleh Wali Kelas dan Kepala Sekolah.
“Hey teman-teman! Selamat tinggal ya! Semoga, kalian tambah pintar!” Aku tersenyum. “Aya!” Panggil seseorang. “Lana?” Seseorang itu adalah Lana. “Aya! Kamu mau kemana ?” Tanya Lana. “Lan, aku mau pindah sekolah. Mamah udah atur semuanya.” Balasku. Lana tampak sedih, begitupun teman-temanku. “Tapi,,, Aya, Kami tidak akan melupakanmu!” Seru Anda dan Putri. “Yak Nda, PutJ” Aku tersenyum. Sebelum pindah, aku berfoto dengan kawan sekelas ramai-ramai. Lalu, saat diperjalanan pulang, Mamah mencucinya di tempat cuci foto. Aku memajangnya dikamar.
3tahun kemudian ...
TO BE CONTINUED ~
Notes :
-Aya kelas 5SD-

Gaje nggak sih :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar