Sabtu, 14 Juni 2014

[TUTORIAL] Cara membuat POSTER FANFICTION (Soft-Romance)

Hai! Udah sekian lama Vina gak buka blog ini, ya? Udah lamaaaaa banget kan?? Nah, kalo gitu kali ini Vina akan memberikan cara membuat poster fanfiction menggunakan PHOTOSHOP. Terserah CS berapa kok ;) karena semuanya sama-sama aja.-. Paling fiturnya :P Dan disini Vina akan memakai PHOTOSHOP yang kali udah ketinggalan jaman, pake BANGET-_- Tapi gapapa, masih sama kok! ;)

Mulai aja, ya?

Bahan-bahan :
-PhotoShop CS berapa aja. 7.00 ME juga ayok :3
- FOTO CAST

-TEXTURE (Texturenya yang soft, ya? Maaf aku gak ngasih texture-nya disini. Kalian bisa cari texture nya di deviantart.com atau di google 'texture soft').
-PSD Coloring. Gunanya untuk menambah pencahayaan yang kurang di poster kamu. Kamu bisa cari sendiri di google 'download psd coloring' atau di deviantart.com juga bisa. Aku nyediain, tapi nanti pas mau ditambahin PSD tersebut di tutorial ini).



Step :

1. Buka PhotoShop mu. Klik menu File -> New atau CTRL + C untuk membuat dokumen baru. Beri nama dokumen tersebut, atur width dan height nya. Perhatikan :

2. Buka foto yang akan kamu edit/masukkan ke dalam dokumen yang sudah kamu buat tadi dengan cara klik menu File -> Open atau CTRL + O. Lakukan step ini pada foto yang lain(cara membukanya).


3. Pada menu tools, klik Elliptical Marquee Tool/M. Atur feathernya seperti apa yang kamu inginkan. Tahan mouse-mu dan buatlah lingkaran pada bagian foto yang ingin kamu crop. Lakukan hal ini pada foto yang lainnya. Copy bagian yang sudah di crop dengan cara tekan di keyboard CTRL + C

4. Buka dokumen baru kamu tadi, CTRL + V dan lihat lah bagian crop-an kamu tadi sudah ter-paste di sana. Lakukan lagi hal tersebut pada foto yang lain(crop, CTRL + C, CTRL + V). Atur letak foto kalian.

5. Mulai hapus bagian yang tidak penting dari foto-foto cast mu menggunakan erase mode brush, atur opacity dan flownya. Kalau aku, opacity 45% dan flow 55%. Mulailah menghapus! ^^v (Jika ingin menghapus bagian di layer 1, maka klik layer 1 di menu layer-mu. Jika layer 3, klik layer 3).
Setelah di hapus bagian tidak pentingnya : 
6. Pada layer background, berikan fill warna. Warna terserah kamu, tapi pastikan warna itu soft karena disini kita akan membuat poster soft. Cara beri fill : Edit -> Fill. Atau pakai bucket tool juga gak masalah.

7. Jika ada foto tambahan, seperti cincin misalnya, silahkan tambahkan. Hapus juga bagian tidak pentingnya. Seperti foto cast.
8. Buka texture mu(CTRL + O). Seret menggunakan Move Tool atau klik V. Setelah diseret ke dokumen kita tadi tempat di fill, tempatkan layer texture itu menjadi paling atas.
Paling atas ->

Dengan CTRL + T, buat texture-mu memenuhi dokumen. Lalu klik tanda centang di kanan atas layar monitor. Blending jadi overlay. Hapus bagian texture yang menutupi wajah cast.
9. Buka texture kedua mu, lakukan hal yang sama seperti step diatas. Ingat! CTRL + T untuk membuat texture memenuhi dokumen. Kali ini, blending texture menjadi Soft Light. Letakkan layer texture kedua di paling atas.
10. Buka texture ketiga mu, lakukan hal yang sama seperti step diatas. Ingat! CTRL + T untuk membuat texture memenuhi dokumen. Kali ini, blending texture menjadi Overlay. Letakkan layer texture ketiga di paling atas.
11. Kini, tambahkan tulisan di poster-mu. Seperti judul FF, quote, artworker-storyline, dll.
Font :
memories -> Scriptina - 150 pt
Time to forget him .. -> Angelique ma douce Colombe - 150 pt
Vina a.k.a HyurinKim Storyline -> Times New Roman PS MT - 30 pt
12. Kita beri PSD Coloring. Cara pake PSD Coloring?
-Buka PSD nya
-Di folder PSD tersebut, klik kanan.
-Duplicate Layer Set, di kolom Document, pilih nama dokumen kamu tadi.
-OK (Kalau masih gak ngerti cara pake PSD ini, bisa cari di google ya tutornya :) ).
13. Kamu bisa tumpuk-tumpuk PSD sampai hasil nya pas, bisa utak-atik opacity nya juga ;)
14. Udah? Kalau udah, CTRL + S atau File -> Save.

Nah, sekarang saatnya melihat karya masing-masing :3
Ini karyaku/buatanku/punyaku :

Jelek ya? -_- Aku memang gak bisa di Soft :3
Gapapalah ya? Keke~
JANGAN MENGATAKAN BAHWA POSTER DAN TUTORIAL INI ADALAH MILIK MU.
JIKA INGIN MEREPOST/BLABLA TUTORIAL INI, HARAP IZIN!

Kalo gitu, gimana dengan karya kalian? Kasih dong link poster buatan kalian di komentar? :D
Aku mau lihat, well pasti lebih bagus dong? ^^v
*Maklumin aja aku masih newbie*
Komen yaw? :3

1 komentar:

  1. thanks ya ka sangat membantu tutorialnya

    http://cbs-bogor.net/

    BalasHapus