Jumat, 08 Maret 2013

Cerita Islami Part3

Bab 3
Kesombongan Iblis



Setelah menciptakan Adam dan Hawa, Allah memanggil para Malaikat. Allah berkata pada mereka bahwa Dia telah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan bernama Adam dan Hawa. Dia menginginkan mereka tinggal di Bumi. Para Malaikat sangat terkejut. Manusia pasti akan menyia-nyiakan dan menghancurkan alam, melakukan kejahatan dan saling berperang.


Namun, Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Dia tahu semua rahasia Surga dan Bum. Dialah pencipta segalanya dan mengetahui kebenaran dari segala cipta-Nya. Oleh sebab itu, Allah mengajarkan Adam AS nama-nama semua benda.


Allah memanggil Para Malaikat lagi. Lalu Dia menyuruh mereka untuk menyebutkan nama-nama semua benda, tapi para Malaikat tidak tahu. Malaikat berkata pada Allah, "Kami tidak tahu nama semua benda itu karena Engkau tidak pernah memberitahu kami. Kami hanya tahu apa yang engkau ajarkan. Engkaulah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana".


Kemudian Allah memanggil Adam AS dan menyuruhnya menyebutkan nama-nama semua benda itu.


Adam AS menyebutkan semua yang telah Allah ajarkan.
Allah berkata pada Malaikat, "Sujudlah kalian pada Adam." Semua Malaikat bersujud untuk menghormati Adam AS kecuali satu makhluk, yaitu Iblis.


Allah bertanya pada Iblis, "Kenapa kalian tidak bersujud pada Adam? Kenapa kalian tidak mematuhi perintah-Ku?" Iblis menjawab, "Aku lebih baik daripada Adam. Engkau membuatku dari api, sedangkan Adam Kau buat dari tanah."


Allah pun berseru, "Pergi kau dari sini. Aku kutuk dirimu hingga hari pembalasan!"


"Beri aku waktu hingga Hari Pembalasan, ya Allah," pinta Iblis.
"Aku akan menggoda manusia hingga mereka melakukan dosa dan menjauhi jalan yang benar."


Allah berkata, "Kamu boleh menggoda manusia sesukamu. Tapi, manusia yang beriman tidak akan tergoda olehmu."


"Mereka yang beriman pada-Ku tidak akan pernah tergoda. Aku akan selalu membimbing mereka di jalan yang benar. Kamu tidak akan pernah bisa menguasai mereka," sabda Allah.


Allah Maha Pemberi Petunjuk.
Dia maha pelindung.
Dia membimbing manusia ke jalan yang lurus.
Dia tidak akan membiarkan kita tersesat.



Sumber : 42 Kisah Pilihan Dalam
                      AL-QUR'AN


Kesombongan Iblis
(QS Shaad 38:71-85)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar